Sabtu, 07 Juni 2014

Tugas 7


Mencari ayat al-quran kapan waktu Allah menggunakan kata aku atau kami

1.    Berdo’alah kepada-Ku niscahya Aku perkenankan do’amu (Al-Mu’min: 60)
Makna surat di atas adalah  Allah memerintahkan hambanya untuk senantiasa berdo’a agar mendapatkan jiwa yang tenang dan terhindar dari permainan pikiran yang mengkhawatirkan kejadian-kejadian buruk yang akan menimpa diri kita. Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang  yang kurang bertawakal kepada Allah. Dan sesungguhnya orang-orang yang sombong takbur daripada beribadat dan berdoa kepadaku, akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.

2.        Merupakan kewajiban kami (Allah) membantu golongan mukmin (Ar-Ruum:47)
Makna surat di atas adalah ayat yang menerangkan atau menyampaikan berita gembira bagi Rasulullah Saw dan kaum muslimin bahwa Allah pasti menolong mereka dari orang-orang kafir dan kemenangan pasti berada pada mereka. Karena Allah tidak akan membiarkan umatnya berada dalam kehancuran ketika berjuang membela dan menegakkan agamanya dari perlakuan orang-orang kafir yang ingin menghancuri agama Allah.

3.    Ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugrahkan kepadamu, dan (ingatlah) bahwasanya aku telah melebihkan kamu atas segala umat (Al-baqorah: 47)
Makna ayat di atas adalah menerangkan tentang keutamaan Bani Israel dibandingkan manusia sezamannya dan meminta mereka mngingat nikmat besar yang telah mereka peroleh dari berkat kepemimpinan dan hidayah nabi Musa as.

4.    Dan Aku (Allah) tidak menjadikan jin dan manusia, melainkan agar mereka mengabdi kepada-Ku (Adz-Dzaariyat:56)
Makna surat di atas adalah Allah menciptakan manusia dengan tujuan untuk menyuruh mereka beribadah kepada-Nya, bukan karena Allah butuh mereka. Allah menjelaskan bahwa dengan menghidupkan manusia di dunia ini agar mengabdi/beribada kepada-Nya. Bukan sekadar untuk hidup kemudian menghabiskan jatah umur lalu mati.

5.     Dirikanlah sholat untuk mengingat-Ku (Thoha:14)
Makna surah di atas adalah Allah memerintahkan seluruh umat-Nya untuk menderikan sholat agar senantiasa ingat kepada-Nya. Karena kewajiban manuasia yang pertama adalah terlebih dahulu mensucikan hatinya agar ia dapat mengenal Tuhannya. Kedua, perintah untuk mengingatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar