Sabtu, 07 Juni 2014

Tugas 6



Buku kelas 1dan 2 SMP bahasa Indonesia mengenai makna

47.  Bab 3

48.  Pembahasan semantik dalam bab 3 adalah Memahami Singkatan dalam Iklan Baris. Hampir semua kata dalam iklan baris menggunakan singkatan. Singkatan-singkatan seperti itu jarang dipakai dalam tulis-menulis dalam situasi formal, tetapi lazim digunakan dalam beriklan. Antara pemasang iklan dengan pembaca sebagai pelanggan iklan sudah terjalin komunikasi yang baik, sehingga maksud dan tujuannnya kedua dapat tercapai. Contoh:
49.  1. Ors = Orisinil
50.  2. a.n. sdr = atas nama saudara
51.  3. Hrg = harga
52.  4. hub = hubungi
53.  Dalam semantik, kata-kata yang terbentuk sebagai hasil penyingkatan ini lazim disebut akronim. Menurut Chaer (2002: 51), dalam perkembangan bahasa terakhir ini banyak kata-kata dalam bahasa Indonesia yang terbentuk sebagai hasil penggabungan unsur-unsur huruf awal atau suku kata dari beberapa kata yang digabungkan menjadi satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar