Buku
kelas 1dan 2 SMP bahasa Indonesia mengenai makna
47.
Bab 3
48.
Pembahasan semantik
dalam bab 3 adalah Memahami Singkatan dalam Iklan Baris. Hampir semua kata
dalam iklan baris menggunakan singkatan. Singkatan-singkatan seperti itu jarang
dipakai dalam tulis-menulis dalam situasi formal, tetapi lazim digunakan dalam
beriklan. Antara pemasang iklan dengan pembaca sebagai pelanggan iklan sudah
terjalin komunikasi yang baik, sehingga maksud dan tujuannnya kedua dapat
tercapai. Contoh:
49.
1. Ors = Orisinil
50.
2. a.n. sdr = atas nama saudara
51.
3. Hrg = harga
52.
4. hub = hubungi
53. Dalam semantik, kata-kata yang terbentuk sebagai
hasil penyingkatan ini lazim disebut akronim. Menurut Chaer (2002: 51), dalam
perkembangan bahasa terakhir ini banyak kata-kata dalam bahasa Indonesia yang
terbentuk sebagai hasil penggabungan unsur-unsur huruf awal atau suku kata dari
beberapa kata yang digabungkan menjadi satu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar